Rabu, 18 Juni 2008

Waktu x Pendefinisian x Hasil pemikiran

setelah beberapa waktu lalu membicarakan tentang waktu dalam perhitungannya (dalam artikel bertitle "Waktu x Konstant x Relativitas" ), sekarang saat nya untuk kembali memikirkan tentang waktu dalam sudut yang berbeda.
memang jika kita berbicara tentang waktu, tidak akan pernah habis, tidak akan pernah selesai dan tidak akan pernah sama. hal ini dikarenakan masing-masing kita mempunyai definisi sendiri tentang waktu, masing-masing kita mempuyai pemikiran dan kesimpulan sendiri tentang waktu. tidak ada salahnya jika dalam kesempatan ini mencoba "mendefinisikan" dan "memikirkan" apa itu waktu dari diri pribadi.

waktu yang kita bicarakan disini bukanlah jam dinding, jam tangan, kalender, atau sejenisnya. karena semua itu hanyalah media atau sarana untuk menunjukkan waktu. yang kita bicarakan disini adalah waktu dalam arti yang sebenarnya, bukan sarana waktu. siapapun boleh tidak setuju tentang apa yang akan dicantumkan pada tulisan ini, karena masing-masing kita mempunyai pendefinisian tersendiri tentang waktu. ok peace ....^_^

waktu adalah sesuatu yang amat mahal dan tidak diperjual-belikan. tidak satupun dari kita dapat membeli waktu. berapapun kekayaan kita dan berapapun uang yang kita tawarkan, waktu tidak akan pernah terbeli, sehingga tidak ada seorangpun bahkan tidak ada perusahaan satupun yang dapat memproduksi dan menjual waktu. suatu kasus, dalam 1 hari, waktu jika bulatkan adalah 24 jam. jika kita orang yang teramat sangat super sibuk, sehingga dalam 1 hari (24 jam) kita belum menyelesaikan aktivitas/kegiatan kita dan keesokan harinya kita harus menyerahkan hasil laporan kegiatan kita, maka apa yang kita lakukan ?? apakah kita akan mencari suatu stock waktu dan membeli stock waktu tersebut 1 jam saja sehingga dalam 1 hari kita yang seharusnya 24 jam akan menjadi 25 jam?????? mungkinkah ????? I DON'T THINK SO, karena waktu tidak lah dapat diperjual-belikan, dan waktu sangatlah mahal.

waktu bukanlah "barang deposito". jika kita adalah orang yang hemat, dan berorientasi ke masa depan, jika kita mempunyai kelebihan uang, maka uang tersebut pastilah akan kita tabung, dengan harapan jika dimasa akan datang kita membutuhkan uang yang lebih banyak kita dapat mengambilnya sebagai tambahan. akan tetapi tidak demikian dengan waktu, waktu tidak dapat kita depositokan. jika dalam satu minggu (6 hari kerja) kita telah menyelesaikan tugas kita sebelum waktunya, maka akankah kita lakukan hal yang sama, akankan sisa waktu yang ada kita tabungkan ??? jika dalam 1 hari kita mempunyai waktu kosong 1 jam saja, karena tugas telah selesai terlebih dahulu, dan jika waktu bisa kita tabung sehingga dalam 6 hari kerja kita dapat mendepositokan waktu selama 6 jam, dengan harapan yang sama, jika dalam minggu berikutnya kita amat sangat super sibuk, dan kita membutuhkan waktu yang lebih, kita dapat mengambil deposito waktu kita. sehingga 1 hari bukan lagi 24 jam, akan tetapi 1 hari 30 jam (24 jam waktu normal + 6 jam deposito waktu kita), bisakah seperti itu ???????????

waktu bagaikan kendaraan yang tidak pernah berhenti dan tidak istirahat. karena waktu akan terus berjalan, berputar, dan terus berganti tanpa kenal lelah. jika kita adalah orang yang kurang waspada terhadap waktu, sehingga kita akan tergilas dan terlindas oleh waktu, kita akan tertinggal dan ditinggalkan oleh waktu, seolah-olah waktu tidak perduli dengan apapun dan siapapun. jika sudah seperti ini, dapatkah kita mengejar ketertinggalan kita dengan mudah, atau dapatkah kita menghentikan waktu barang sejanak saja hingga kita bisa sejajar kembali, atau mampukah kita mengembalikan waktu dimasa lalu di saat kita masih berjaya ???????

waktu bagaikan mata pisau, jika kita tidak berhati-hati menggunakan pisau tersebut maka kita sendiri bisa terluka. begitu pula dengan waktu, jika kita tidak dapat memanajemen waktu yang kita punya, maka kita akan merasakan sesuatu yang tidak kita harapkan, bisa dikatakan waktu kita adalah bom waktu yang sewaktu-waktu bisa menyerang kita sendiri.

inilah beberapa pendefinisian tentang waktu, dengan harapan kita bisa lebih menghargai waktu, lebih dapat memanfaatkan waktu , lebih dapat mengatur waktu kita dan lebih waspada terhadap waktu, sehingga bukan kita yang selalu dikejar-kejar waktu, tapi kita dapat berjalan beriringan dengan waktu. semoga..

Tidak ada komentar: