Rabu, 18 Juni 2008

Udara x Tanah x Air

Yup kembali lagi untuk menulis, perpikir, dan bertukar informasi, selain itu untuk sekedar meng-update blog !! hehehehe....Kali ini akan menyampaian informasi tentang udara, tanah, dan air. Hmmm kalau dilihat sekilas mirip elemen di film animasi Avatar the legend of Aang ya, hehehe. tapi bukan itu yang dimaksud.

berawal dari kegemaran mendengarkan acara di stasiun radio tiap sore, tanpa disengaja ada kalimat-kalimat yang menarik dan harus di-share. kalimat-kalimat tersebut berbicara tentang Udara, tanah dan air yang ternyata ketiga elemen tersebut memiliki keistimewaan. apasaja kesitimewaan ketiga elemen tersebut??, mari kita kaji.

1. Udaraberbicara tentang udara, kita pasti tahu tentang satu hal, yaitu jika kita bernafasmaka kita pasti menghirup udara(O2). tanpa kita sadari udara yang kita hirup bebasdan gratis ini ternyata memiliki nilai ekonomis, tapi apakah nilai ekonomis dari udara??jika kita berkendara, tiba-tiba dalam perjalanan tersebut roda kendaraan kita kempes, maka apa yang harus kita lakukan? tentu saja kita mencari jasa pompa. sedangkan apayang harus diisikan/dimasukkan kedalam roda kendaraan kita?? tidak lain dan tidak bukanadalah udara/angin, bukan air, bukan batu, bukan tanah, dan juga bukan kuah soto. dan tentu saja setelah roda kendaraan kita terasa "FIT" maka kita harus memberikan imbalanuntuk sejumlah udara yang telah dimasukkan.Akan tetepi bukan hal ini yang akan kita bahas. udara adalah salah satu elemen yang memlikikeistimewaan. adapun keistimewaan udara adalah, JUJUR. udara adalah elemen yang jujur. suatukasus: jika kita bersama-sama dengan beberapa orang teman sedang berjalan-jalan, saat kita melewati sebuah rumah, dimana dalam rumah tersebut pemiliknya sedang menggoreng ikan asin, maka udara akan menyampaikandengan jujur apa yang sedang dimasak oleh pemilik rumah. saat udara masuk kehidung kita, kita pasti akan tahu bahwa ada yang sedang menggoreng ikan asin. begitu pula dengan penciuman teman-teman kita (kecuali yangsedang terkena flu). sangat tidak mungkin udara akan menyampaikan bau yang berbeda dari apa yang dihantarkannya.

2.Tanahelemen kedua yang akan kita kaji adalah tanah. tanah merupakan elemen termahal. jika diperhatikan setiap Meterpersegi tanah, saat ini sudah sangat mahal. akan tetapi, jika kita perhatikan tanah memiliki suatu keistimewaanyaitu DAPAT DIPERCAYA. kenapa tanah dapat dipercaya ?? suatu contoh kasus: jika kita memiliki sebulir biji padi, atau biji apapun, kemudian kita titipkan biji tersebut ke tanah atau dengan kata lain kita tanam biji tersebut. maka tanahakan menjaga amat yang kita berikan kepadanya, jika yang kita tanam adalah biji padi, maka tanah akan memunculkan tanamanpadi, jika yang kita tanam adalah biji salak, maka akan tumbuh pohon salak. sangat tidak mungkin tanah akan berbohong,jika kita menanam padi, maka tanah akan memunculkan tanaman salak, mungkinkah ??? sangat tidak mungkin, karena tanah dapat dipercaya.

3.Airair merupakan elemen yang sangat penting bagi kehidupan kita. karena hampir 90% tubuh kita terdiri dari air. jika kita pahami lebih dalam, air yang kita gunakan untuk minum, mandi, cuci dan sebagainya ternyata memiliki suatu keistimewaan.apakah keistimewaan air?? air memiliki sifat APA ADANYA. apakah maksud APA ADANYA ?? maksudnya adalah menyampaikan apa yang dibawanya dengan sesungguh-sungguhnya (apa adanya yang dibawa tanpa ada yang disembunyikan). suatu contoh kasus :jika mengambil air laut, maka air tersebutakan menyampaikan apa adanya yang dikandungnya, yaitu terasa asin. begitu pula jika kita membuat suatu minuman kopi, maka air yang mempunyai sifat apa adanya, akan menyampaikan secara jelas bahwa kopi berwarna hitam, keruh dan sebagainya.

dari beberapa ilustrasi diatas, bukan tidak mungkin semuanya akan berubah dalam kehendak ALLAH.SWTkita hanya merenung, instrospeksi diri, dapatkah kita menjadi seperti udara yang jujur, tanah yang dapat dipercaya,dan air yang menyampaikan apa adanya dan tidak disembunyikan ....?????
Wallahua'lam bishowab

Tidak ada komentar: