Rabu, 18 Juni 2008

Peluang x 100:0 x 50:50

Kembali lagi untuk menulis, merenung, berfikir dan sharing. kali ini akan mencoba menggambarkan suatu peluang kejadian antara 100:0 dan 50:50. tulisan ini terinspirasi saat masih menempuh kuliah.

kejadiannya dimulai saat mengikuti kuliah malam bersama beberapa orang teman satu angkatan. saat kuliah berlangsung kami ( saya beserta 3 orang teman) tidak fokus pada mata kuliah saat itu, kami berdiskusi kecil dan pelan-palan di dalam kelas, entah apa yang kami diskusikan saat itu (kejadian udah beberapa tahuh lalu), yang pasti permasalahan itu sangat menyita perhatian kami. Hingga kuliah berakhir, setelah kami keluar kelas kami pun melanjutkan diskusi dan sedikit berdebat tentang masalah yang sama. Beberapa menit berlalu, gedung tempat kami kuliah pun sudah sangat sepi akan tetapi kami tidak menghiraukannya, seolah-olah kami harus menemukan titik terang dan solusi untuk permasalah kami.

tanpa disengaja, dosen yang tadi mengajar kami kuliah malam ( saya masih ingat beliau adalah bapak dosen yang sudah cukup senior) beliau mendatangi kami dan menanyakan permasalahan apa yang sedang kami perbincangkan hingga melupakan waktu. salah seorang teman mulai bercerita setelah mengumpulkan segenap keberanian. beberapa menit berlalu, bapak dosen tersebut menyimak dengan seksama apa yang diceritakan oleh teman kami. setelah mendengar cerita, dosen tersebut melempar senyuman ke arah kami dan menepuk-nepuk bahu salah satu dari kami, seraya beliau berkata :

" kenapa masalah itu tidak dibicarakan langsung kepada yang bersangkutan ?? masalah nantinya diterima atau tidak bukan suatuyang harus di permasalahkan. kalau kalian tidak berani mengungkapkan, maka peluang kalian adalah 100 : 0. peluang kalian adalah 100% kalian sudah ditolak diawal karena tidak maumenyampaikan, dan 0 % kalian akan mendapatkan solusi,atau kalian tidak akan mendapatkan apa-apa. namun jika kalian mau untuk mengatakannya, maka peluang kalian adalah 50 : 50. peluang kalian 50 % pertanyaan kalian kemungkinan ditolak, dan 50 % pertanyaan kalian akan menemukan jawaban dari yang bersangkutan. jika kita ingin mencari suatu solusi dan jawaban dari masalah ini, bukankan nilai 50 merupakan nilai yang jauh lebih besar dari pada nilai 0 ????? "

bagi saya secara pribadi, apa yang beliau katakan adalah suatu pembelajaran baru.bagaimana dengan para pembaca yang lain, dapatkah kita menemukan suatu pembelajaran barudari apa yang kita baca, kita dengar dan kita lihat ???

Tidak ada komentar: